Jumlah Kata Yang Ideal Untuk Membuat Artikel


Jumlah kata artikel merupakan salah satu indikator dalam menilai apakah artikel itu berkualitas atau tidak. Jadi sudah tentu kita perlu tahu berapa jumlah kata ideal untuk membuat sebuah artikel.

Artikel yang baik adalah artikel yang bermanfaat bagi orang lain, pembahasan yang detail, dan gaya bahasa penyampaian yang mudah untuk dipahami.

Pada poin pembahasan yang detail, kedetailan inilah yang sebenarnya berbanding lurus dengan jumlah kata dalam pembuatan artikel.

Semakin detail atau mendalam dalam pembahasan maka semakin panjang pula artikel tersebut. Namun, tidak semua artikel membutuhkan pembahasan yang panjang/detail. Jadi, jangan paksakan artikel yang seharusnya pendek, menjadi panjang.

Saat ini, para penulis (blogger) berlomba-lomba dalam membuat artikel yang detail atau panjang. Yang sebelumnya jumlah kata ideal dalam artikel sekitar 400-1000, kini untuk meningkatkan kualitas arikel agar lebih berkualitas (SEO) bahkan tidak jarang bisa mencapai 1000-2000 kata.

Sedangkan untuk jumlah kata artikel secara umum yang ideal adalah mendekati 1000 kata per artikel, atau rata-rata sekitar 800 kata. Meskipun begitu, sebagian besar penulis (blogger) rata-rata masih membuat artikel dikisaran 400-700.

Semakin kesini saya rasa persaingan untuk membuat artikel yang berkualitas semakin berat. Hal ini dikarenakan adanya persaingan untuk menjadikan artikel mereka bisa bersaing dan muncul dihalaman pertama Google dengan kata kunci yang telah ditarget.

Meskipun begitu bukan berarti artikel panjang lebih baik daripada artikel pendek, hal ini terbukti dari masih banyaknya artikel pendek yang berada dihalaman utama Google. Hai ini dikarenakan jumlah kata dan karakter bukan satu-satunya faktor untuk menilai artikel tersebut berkualitas di mata Google atau tidak.

Dan yang tidak kalah pentingnya dari jumlah kata pada artikel adalah User Experience (pengalaman pengguna). Jadi buatlah artikel/tulisan yang enak untuk dibaca dan mudah untuk dipahami oleh manusia, bukan untuk robot Google.

+Jumlah Kata

5 comments:

  1. Terimakasih gan ini sangat membantu sekali.
    Kalo boleh bertanya,
    Apa rahasianya, blog dengan konten terbatas seperti ini bisa menampilkan adsense?.. heheh mohon pencerahannya..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mas baru balas, ini blog sudah lama, jadi selama kita punya akun adsense (hosted/nonhosted} dari monetise blog, maka bisa ditempatkan ke blog (blogspot) yang kita miliki lainnya. Sedangkan untuk blog nonhosted sekarang kayaknya tetap perlu peninjauan ulang dulu ya?...

      Delete
  2. Terimakasih atas informasinya gan, semoga sehat dan sukses selalu

    ReplyDelete